Posted by : No_Name Monday, October 28, 2013

Penemuan berbagai macam alat dan benda-benda di dunia ini memang sangat berguna bagi perkembangan kehidupan kita, misalnya saja komputer. Komputer pada saat pertamakali dibuat dan ditemukan, beratnya kira-kira bisa  ton-tonan. Tapi seiring perkembangan zaman kita bisa menikmati komputer dengan mudah dan dengan model yang lebih kecil. Berikut ini adalah 3 penemuan pertama di dunia.


1. Novel Pertama Di Dunia (1007): Tale of Genji

 http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/05/novel-pertama-didunia.jpg
The Tale of Genji (Genji Monogatari) adalah sebuah karya klasik sastra Jepang yang ditulis oleh wanita bangsawan Jepang. Pada tahun 1007,  wanita bangsawan dari pengadilan Jepang tersebut menempatkan sentuhan akhir pada apa yang dianggap sebagai novel pertama di dunia. Rentang 75 tahun, lebih dari 350 karakter, dan penuh dengan puisi romantis, yang bercerita tentang seorang putra kaisar, pencariannya akan cinta, dan banyak perempuan yang memenuhi syarat di sepanjang jalan. Di tulis oleh bangsawan Jepang Murasaki Shikibu.

Terjemahan parsial pertama Genji Monogatari ke dalam bahasa Inggris dilakukan oleh Suematsu Kencho, dan diterbitkan pada tahun 1882. Arthur Waley menerbitkan terjemahan enam volume   kecuali satu bab, dengan volume pertama diterbitkan pada tahun 1921 dan terakhir pada tahun 1933. Pada tahun 1976, Edward Seidensticker menerbitkan terjemahan lengkap pertama ke dalam bahasa Inggris. Terjemahan bahasa Inggris terbaru   diterbitkan pada tahun 2001 oleh Royall Tyler. The Tale of Genji telah diterjemahkan ke dalam bentuk sinematik (film) beberapa kali, yaitu tahun 1951 oleh sutradara Kozaburo Yoshimura, tahun 1966 oleh sutradara Kon Ichikawa. Selain itu, The Tale of Genji juga telah diadaptasi menjadi sebuah opera oleh Miki Minoru.


2. Sepeda motor Pertama Di Dunia (1885): Daimler’s “riding car”
 
http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/05/sepeda-motor-pertama-didunia-300x205.jpg
Sama seperti mobil pertama di dunia, sepeda motor pertama di dunia pun lahir di Jerman. Adalah Gottlieb Daimler dan mitranya, Wilhelm Maybach, dua pakar mesin empat langkah Jerman, yang menciptakan sepeda motor pertama di dunia. Pada tahun 1885, Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang.

Sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car) dan merupakan sepeda motor pertama di dunia. Maybach mencoba Reitwagen sejauh 3 kilometer di sepanjang Sungai Neckar, dari Cannstatt ke Untertürkheim, dengan kecepatan 12 kilometer per jam. Pada waktu itu, Reitwagen tidak dijual untuk umum. Pemasangan mesin pada sepeda kayu itu merupakan rangkaian dari percobaan yang dilakukan oleh Daimler dan Maybach, sebelum memasang mesin empat langkah pada kereta kuda, yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai. Roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft). Sepeda motor inilah yang dimiliki oleh John C Potter, masinis pertama pabrik gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur, tahun 1893. Ia memesan sendiri sepeda motor itu langsung ke pabriknya di Muenchen. John Potter tercatat sebagai orang pertama yang memiliki sepeda motor di Indonesia, yang pada waktu masih berada di bawah pendudukan Belanda, dan bernama Hindia Belanda (Nederlands Indie).


3. Sinar-X Pertama Di Dunia (1895): tangan istri Rntgen

 http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/05/sinar-x-pertama-didunia-255x300.jpg
  Pada tahun 1895 Wilhelm Conrad Rntgen, profesor fisika Universitas Wurburg di Jerman, sedang melakukan eksperimen dengan lucutan listrik didalam tabung kaca dievakuasi. Akhir tahun 1895 Wilhelm Rntgen sendirian di malam hari menjalankan percobaan, kali ini dalam gelap dan melihat cahaya diproduksi didinding, yang ia tahu bukan disebabkan oleh cahaya lampu neon. Dia beri nama, sinar ‘X’ atau jika Anda lebih suka; X-ray.

Setelah beberapa bulan bermain dengan penemuan ini, dia melihat bahwa tempat benda-benda di jalur sinar bisa menghasilkan bayang-bayang dan menciptakan gambar-gambar didinding. Segera setelah dia menggunakan piringan dan memfoto istrinya, Frau Rntgen, menempatkan tangannya di jalur X-ray, dan menciptakan gambar sinar-X pertama di dunia. Pada tahun 1901 Wilhelm Rntgen dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penemuan ini.

sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Popular Post

Followers

- Copyright © 2013 the information ^_^ -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -