Posted by : No_Name Wednesday, October 30, 2013






Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan dan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Kata bank berasal dari bahasa Italia “banque” atau “banca” yang berarti bangku. Tahukah Anda bank tertua yang ada di dunia? Berikut ini adalah 3 bank tertua di dunia versi Puncak Dunia.

1. Banca Monte dei Paschi di Siena
Siena, Italia (Didirikan 1472)

http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/06/bank-banca-monte-dei-pascha-300x166.jpg

Bank yang berpusat di Siena, Italia ini didirikan pada tahun 1472 dan hingga saat ini masih tetap beroperasi. Artinya bank ini sudah berusia sekitar 541 tahun, dan merupakan bank tertua di dunia. Awalnya bank ini dibentuk sebagai Monte di Pieta, atau Monte Pio, untuk memberikan pinjaman kepada orang miskin dari dana amal. “Monte,” yang berarti “tumpukan” mengacu pada koleksi uang yang digunakan untuk distribusi amal, dan bank benar-benar berfungsi untuk manfaat ekonomi kota. Salah satu catatan sejarah yang menarik adalah bahwa warga Siena mengandalkan pendapatan dari tanah sebagai jaminan terhadap pinjaman untuk pertanian dan infrastruktur kota, dan hal itu menyebabkan Monte dei Paschi  dirujuk sebagai bank. Sampai saat ini bank ini ditetapkan sebagai bank tertua yang ada di dunia dan tetap menjadi bank terhormat yang memiliki cabang di seluruh Italia.

Bank ini memiliki 3.000 cabang dan mempekerjakan 33.000 orang karyawan. Nasabahnya diperkirakan mencapai 4,5 juta. Dan belum lama ini dalam situs resminya, bank ini mengklaim jika simpanan nasabahnya telah anjlok miliaran euro. Hal ini terjadi setelah serangkaian skandal yang mengguncang bank ini, termasuk kerugian derivatif sebesar 73 juta Euro sejak 2006 sampai 2009, seperti mengutip laman Business Insider, Senin (1/4/2013). Kasus transaksi derivatif ini memang sedang memasuki proses penyelidikan dikaitkan dengan kasus penipuan. Kejaksaan Italia menyelidiki kemungkinan bank ini digunakan sebagai transaksi derivatif untuk menyembunyikan kerugian regulator.

2. Berenberg Bank
Hamburg, Jerman (Didirikan 1590)

http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/06/berenberg-bank_hamburg_2-300x205.jpg
Yoh. Berenberg, Gossler & Co KG, umumnya dikenal sebagai Berenberg Bank, adalah lembaga keuangan multinasional Jerman, terutama bank dagang dan bank swasta, yang dibentuk berdasarkan bentuk hukum dari perseroan komanditer (Persekutuan komanditer) dengan mitra pribadi yang bertanggung jawab dan berbasis di Hamburg. Berenberg adalah bank swasta dengan aset kelolaan lebih dari £ 23bn.  Dibentuk pada tahun 1590 oleh Hans dan Paul Berenberg, dua saudara laki-laki yang mengelola sebuah kain perdagangan dan impor / ekspor bisnis.  Tujuannya untuk membantu mengelola bisnis ekspor impor di Jerman. Bank Berenberg sepertinya berdiri pada saat yang tepat saat itu karena pada masa itu kota Hamburg sedang berada pada era kemakmuran. Para pendirinya memiliki pergaulan yang luas, sehingga mampu merayu pebisnis asal Belanda yang saat itu tidak memiliki kewarganegaraan penuh di Hamburg.

Saat ini, Bank Berenberg merambah di empat segmen bisnis yaitu: Private Banking, Investment Banking, Manajemen Aset, dan Perbankan Komersial. Pada 2009, bank ini mampu meraih pemasukan hingga 3,4 miliar Euro. Bank Berenberg memiliki kantor cabang hampir di seluruh Eropa, dan tetap merupakan bank swasta tertua di Jerman  hingga saat ini. Adapun kantor cabang bank Berenberg ini adalah  di Bielefeld, Braunschweig, Bremen, Dusseldorf, Frankfurt, Munich, Stuttgart Wiesbaden London, Luxembourg, Paris, Shanghai Salzburg, Wina, dan Zurich. Bank Berenberg juga  telah menjadi co-pendiri perusahaan dan beberapa bank lain, di antaranya Hamburg America Line, Norddeutscher Lloyd, Norddeutsche Bank,  Hongkong and Shanghai Banking Corporation, Danske Bank, Handelsbanken dan HypoVereinsbank. Bank ini terkenal karena strategi  bisnisnya yang konservatif dan kebijakan investasi, serta mengalami pertumbuhan yang signifikan setelah krisis keuangan tahun 2000.
 
3. C. Hoare & Co
London, Inggris (Didirikan 1672)

http://www.puncakdunia.com/wp-content/uploads/2013/06/bank-choare.jpg

C. Hoare & Co adalah bank swasta independen terkemuka di Britania Raya, Inggris. Ini adalah bank tertua di Inggris dan  salah satu bank yang tertua di dunia.  Didirikan pada tahun 1672 oleh Sir Richard Hoare, bank C. Hoare & Co tetap milik keluarga Hoare dan saat ini dikelola oleh generasi ke-11 keturunan langsung Hoare itu, yaitu Alexander S. Hoare. Richard Hoare, pendiri bank, memulai hidupnya dengan bekerja magang ke tukang emas.  Dia diberikan Freedom of the Perusahaan Goldsmiths ‘ pada tanggal 5 Juli 1672. Tanggal ini menandai berdirinya Bank Hoare  tersebut. C. Hoare dan Co memiliki dua cabang, yang terletak di 37 Fleet Street dan 32 Lowndes Street, London.
Puncak kebangkitan kekayaan bank ini terjadi di abad ke-20 dengan tahun-tahun awal melihat kredibilitas bank yang dipulihkan.  Setelah Perang Dunia I sebagian besar bank-bank swasta yang tersisa diserap oleh bank yang lebih besar.  Namun Hoares mengambil keputusan untuk tidak bergabung dengan bank-bank besar tersebut, dan memilih bangkit membesarkan bank ini sendiri. Bank ini tidak memiliki kesetiaan kepada lembaga lain.   Bank ini menyediakan perbankan swasta, perencanaan keuangan dan jasa pengelolaan investasi yang mencakup pinjaman, hipotik, tabungan dan jasa penasihat investasi serta layanan perencanaan pajak dan real. Klien bank ini biasanya adalah orang atau keluarga yang memiliki jaringan tingkat  tinggi.

sumber 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Pageviews

Popular Post

Followers

- Copyright © 2013 the information ^_^ -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -